1 Komentar

Tabel Cita-Cita

Cita-cita berdasarkan kamus besar bahasa indonesia merupakan keinginan (kehendak) yg selalu ada di dalam pikiran, ia berusaha mencapai ~ nya, dan merupakan tujuan yg sempurna (yg akan dicapai atau dilaksanakan).

Pasti kita pernah mendengar kata cita-cita, bahkan dari kecil kita sudah diajarkan memiliki cita-cita. “aku ingin menjadi seorang dokter”, “ aku ingin menjadi seorang polisi”, “aku ingin menjadi seorang pilot” dan banyak lagi cita-cita yang  keluar dari mulut anak kecil ketika sedang ditanya mengenai cita-cita. Tidak terkecuali dengan ku, saat kecil aku memiliki banyak cita-cita tetapi hal tersebut terus berubah seiring dengan pertambahan umur dan wawasanku.  Berkali-kali bahkan berpuluh-puluh kali terkadang aku bertanya “apa cita-citaku??” apa harus manusia memiliki cita-cita?? Lalu apa yang akan terjadi jika manusai tidak memiliki cita-cita??. Yah seperti itulah terkadang aku berfikir mengenai cita-cita.

Suatu hari terfikirkan olehku “jika aku akan keluar rumah pastinya aku memiliki suatu tujuan, baik itu kuliah atau hanya sekedar jalan-jalan saja”. Lalu, bagaimana dengan cita-cita? apakah dapat dianalogikan seperti itu pula. Jika benar, maka cita-cita merupakan suatu tujuan, harapan, dan keinginan yang dapat mengarahkan mau kemana kita di masa depan.

Lalu apa kalian telah menemukan cita-cita masing-masing? mungkin sedikit sulit menemukan suatu cita-cita yang benar-benar diinginkan, karena pasti banyak sekali yang di inginkan. Bagaimana jika untuk menemukannya menggunakan suatu tabel cita-cita. Tabel cita-cita berisi keinginan, harapan dan tujuan kita secara lebih detail dari sisi waktu. Tabel itu dapat dibuat berdasarkan bulan maupun tahun, tujuannya untuk mengetahui keinginan dan harapan masa depan dimulai dari hal-hal kecil. Dengan begitu semua keinginan, harapan, dan kita dapat terlihat dengan jelas di tabel itu sehingga mempermudah kita melihat tujuan masa depan. Selain membuat tabel, buat juga grafik cita-cita dari tabel tersebut lalu coba memulai dari 3 atau 4 tahun kebelakang mengenai cita-cita kalian kemudian masukan pula pencapaian kalian selama 3 sampai 4 tahun itu. Apakah cita-cita kalian tercapai atau belum dapat dilihat dari grafiknya.

Aku mencoba membuat tabel cita-citaku, mungkin belum terlalu detail tapi sepertinya cukup membantu😀 semoga teman-teman dapat mencoba membuat tabel cita-cita untuk menemukan tujuan masa depan.

TABEL CITA-CITA

Grafik

 

also posting at http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/07/tabel-cita-cita-3/

One comment on “Tabel Cita-Cita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: