3 Komentar

PERANCANGAN MENGGUNAKAN ANTROPOMETRI

 ANTROPOMETRI DAN PERANCANGAN

Antropometri adalah pengetahuan yang menyangkut pengukuran dimensi tubuh manusia dan karakteristik khusus lain dari tubuh yang relevan dengan perancangan alat-alat atau benda-benda yang digunakan manusia. Antropometri adalah suatu kumpulan data numerik yang berhubungan dengan karateristik fisik tubuh manusia ukuran, bentuk dan kekuatan serta penerapan dari data tersebut untuk penanganan masalah masalah desain (Nurmianto, 2005). Antropometri berasal dari “anthro” yang berarti manusia dan “metri” yang berarti ukuran. Secara definitif antropometri dapat dinyatakan sebagai satu studi yang berkaitan dengan pengukuran dimensi tubuh manusia. Manusia pada dasarnya akan memiliki bentuk, ukuran (tinggi, lebar, berat) berbeda satu dengan yang lainnya. Antropometri secara luas akan digunakan sebagai pertimbangan-pertimbangan ergonomis dalam proses perancangan (desain) produk maupun sistem kerja yang akan memerlukan interaksi manusia. Data antropometri yang berhasil diperoleh akan diaplikasikan secara luas antara lain dalam hal (Wignjosoebroto, 2003):

Perancangan adalah suatu proses yang bertujuan untuk menganalisis, menilai memperbaiki dan menyusun suatu sistem, baik sistem fisik maupun non fisik yang optimum untuk waktu yang akan datang dengan memanfaatkan informasi yang ada. Definisi perancangan yang lain adalah suatu peralatan kerja dengan berdasarkan data antropometri pemakainya betujuan untuk mengurangi tingkat kelelahan kerja, meningkatkan performansi kerja dan meminimasi potensi kecelakaan kerja.

LATAR BELAKANG PERANCANGAN KURSI KEPALA LABORATORIUM

Manusia selalu melakukan aktivitas setiap hari, aktivitas-aktivitas tersebut bukan hanya melakukan pekerjaan di kantor, melainkan semua kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap melakukan aktivitas manusia selalu membutukan media atau peralatan kerja untuk dapat menyelesaikan suatu aktivitas atau pekerjaan tersebut. Terkadang suatu peralatan pekerjaan memiliki desain atau rancangan yang tidak sesuai dengan dimensi tubuh penggunanya, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan ketika menggunakannya. Dibutuhkan suatu desain atau perancangan peralatan kerja yang sesuai dengan dimensi tubuh penggunanya agar nyaman ketika dipergunakan. Ilmu yang dapat membantu merancang suatu lingkup kerja agar sesuai dengan dimensi tubuh adalah antropometri. Antropomentri mempelajari perancangan suatu lingkup kerja dan peralatan kerja dengan cara mengukur secara langsung dimensi tubuh yang dibutuhkan untuk membuat suatu peralatan kerja, sehingga peralatan kerja yang dirancang sesuai dengan dimensi tubuh penggunanya dan nyaman untuk digunakan. peralatan kerja yang akan dirancang  adalah kursi kepala laboratorium. Perancangan kursi kepala laboratorium dilakukan karena kursi kepala laboratorium yang telah ada dirasa belum sesuai dengan dimensi tubuh sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan.

METODE PENGUMPULAN DATA

Pengumpulan data antropometri didapat dengan mengukur dimensi tubuh pada antropometri statis dan dinamis.

DATA ANTROPOMETRI YANG DIGUNAKAN

  1. Tinggi lutut duduk (Tld) digunakan untuk menentukan tinggi tempat duduk.
  2. Pantat popliteal (Pp) digunakan untuk menentukan panjang alas tempat duduk dan pantat politeal (Pp) dibagi dua untuk menentukan panjang kaki kaki pada kursi.
  3. Lebar pinggul (Lp) digunakan untuk menentukan lebar alas tempat duduk dan lebar pinggul (Lp) dibagi dua untuk menentukan panjang tuas.
  4. Tinggi duduk tegak (Tdt) digunakan untuk menentukan tinggi sandaran punggung.
  5. Lebar bahu (Lb) digunakan untuk menentukan lebar sandaran punggung.
  6. Tinggi siku duduk (Tsd) digunakan untuk menentukan tinggi sandaran lengan.
  7. Panjang lengan bawah (Plb) digunakan untuk menentukan panjang sandaran lengan.
  8. Tinggi popliteal (Tpo) digunakan untuk menentukan tinggi tuas.
  9. Lebar jari 2,3,4,5 (Lj) digunakan untuk menentukan lebar pegangan tuas.

TIPE PERANCANGAN

Perancangan kursi kepala laboratorium kali ini menggunakan tipe perancangan untuk pemakaian yang dapat disesuaikan (adjustable). Penggunaan tipe perancangan ini karena produk kursi kepala laboratorium memiliki bagian yang dapat diubah-ubah atau disesuaikan ukurannya sehingga cukup fleksible digunakan oleh pengguna yang memiliki berbagai macam ukuran tubuh. Bagian tersebut ada pada tinggi kursi yang dapat disesuaikan ketinggiannya dengan yang diinginkan sehingga pengguna akan merasa nyaman menggunakan kursi tersebut. Terdapat tinggi minimum dan maksimum perubahan tinggi pada kursi

NOTE : bagi yang teratrik dengan tulisan ini lebih lanjut silakan mereply tulisan ini.

2009/teknik industri/universitas gunadarma/praktikum analisis perancangan kerja dan ergonomi 2/ANTROPOMETRI


3 comments on “PERANCANGAN MENGGUNAKAN ANTROPOMETRI

  1. definisi perancangan dalam artikel diatas dari mana sumbernya mas??? referensinya mohon dicantumkan, pengertian menurut siapa?

  2. ukuran tubuh wanita berdasarkan antropometri yang diperlukan untuk merancang kursi ?
    tolong bales via email…heheheh…jetrox_sagala@yahoo.com…makasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: