Tinggalkan komentar

PT. ZUDEKO SEJAHTERA SANTOSO

contoh proyek untuk praktikum Komputer Industri 1

proyek ini diterapkan dalam modul CPM/PERT, LINIER PROGRAMING, LINE BALANCING, QUALITY CONTROL, dan TRANSPORTASI

[Kel 8. 2009/Teknik Industri, Universitas Gunadarma 2011]

LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

PT. ZUDEKO SEJAHTERA SANTOSO

PT. Zudeko Sejahtera Santoso (PT. ZSS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif yang memproduksi shock absorber. Perusahaan ini telah berjalan selama beberapa tahun. Berdasarkan riset terhadap perkembangan pasar, menunjukkan masyarakat semakin banyak yang memilih kendaraan ekonomis dan praktis dalam kehidupan sehari-hari, seperti motor bebek. Kendaraan tersebut menggunakan twins shock absorber belakang. Melihat peluang ini, perusahaan mengembangkan shock absorber untuk  mengikuti perkembangan pasar tersebut.

CPM dan PERT dapat digunakan untuk menentukan urutan rencana dalam membangun pabrik shock absorber PT. Zudeko Sejahtera Santoso (PT. ZSS), serta sasaran yang akan dicapai. Pabrik PT. ZSS tersebut dapat dipercepat waktu penyelesaian dan biaya dipercepat berdasarkan jalur kritisnya. Bahan mentah untuk membuat shock absorber  yang terbatas dapat digunakan secara optimal menggunakan linear programming, sehingga dapat ditentukan produk yang akan diproduksi dan keuntungan yang diperoleh. Line balancing dapat digunakan untuk penyeimbangan lini perakitan shock absorber dengan memperhatikan waktu disetiap stasiun kerja agar kegiatan perakitan berjalan lancar. Kegiatan produksi secara massal tidak terlepas dari kecacatan, oleh karena itu dibutuhkan penelitian untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas shock absorber. Quality control dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sehingga dapat meminimalisir kerugian pada PT. ZSS. Pendistribusian shock absorber yang telah jadi, memerlukan ongkos pengiriman yang besar. Oleh karena itu dibutuhkan metode transportasi untuk menekan biaya pengiriman sehingga perusahaan memperoleh keuntungan.

Dewi Kania Pratiwi/31409433

Eko Rizky Santoso /34409885

Zulfadly Arifin / 35409052

2ID02….

Note: Perusahaan ini merupakan perusahaan fiktif yang dibuat untuk contoh pengaplikasian modul modul pada praktikum KomputerIndustri 1, khususnya kelompok saya.  Semoga bisa membantu^^ Tertarik untuk mempelajari lebih dalam??post your comment.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: