Tinggalkan komentar

WORK SAMPLING ABSTRAKSI

ABSTRAKSI

 

 

Abdul Muthi (34409060), Arriandra Afianto (30408162), Dewi Kania Pratiwi (31409433), Faried Pradhana Putra (32409110).

SAMPLING KERJA (WORK SAMPLING)

Laporan Akhir Praktikum, Laoratorium Menengah Teknik Industri, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2010-2011.

Kata Kunci: Produktivitas, Sampling Kerja, Waktu Baku

Sampling kerja merupakan salah satu metode yang sama dengan pengukuran waktu jam henti. Sampling kerja dan waktu jam henti melakukan pengukuran yang sama, yaitu pengukuran secara langsung ditempat berjalannya pekerjaan. Perbedaannya sampling kerja dengan cara jam henti adalah bahwa pada sampling kerja, pengamat tidak terus menerus berada ditempat pekerjaan melainkan hanya pada saat-saat pada waktu yang ditentukan secara acak sedangkan pada jam henti pengamat harus terus berapa di tempat pekerjaan.

Pembahasan pada modul work sampling, membahas mengenai produktivitas operator kasir penjualan tiket bioskop. Kegiatan yang diamati adalah operator dalam keadaan bekerja atau dalam keadaan menganggur, hali ini berguna untuk mengetahui produktivitas dan waktu baku dari operator tersebut. Pengamatan dilakukan pada 2 operator agar dapat membandingkan hasil antara keduanya.

Berdasarkan hasil yang di peroleh dari pengamatan presentase non produktif dari operator kasir penjualan tiket bioskop didapatkan sebesar 0,504 atau 50,4% untuk operator 1 dan 0,483 atau 48,3% untuk operator 2. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persetase produktif dari operator 2 lebih besar dibandingkan dengan persentase produktif operator 1 sehingga bisa dikatakan bahwa kinerja dari operator 2 jauh lebih baik dibandingkan dengan operator 1.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka (1996 – 2006)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: