Tinggalkan komentar

KOTA DEPOK MULAI TERKENA POLUSI UDARA

Dewi Kania Pratiwi

31409433 / 1ID02

nia_fidz@yahoo.com

  1. PENDAHULUAN

Polusi udara atau Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi baik berbentuk fisik,kimia, atau biologi  di atmosfer dalam jumlah banyak yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan serta mengganggu lingkungan dan kenyamanan, atau merusak keindahan alam. Pencemaran udara atau polusi udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia.

Hampir di semua kota kota besar di seluruh dunia pasti memiliki masalah dengan polusi udara,tidak terkecuali dengan Indonesia. Di berbagai kota kota besar di Indonesia, polusi udara merupakan suatu masalah yang sampai saat ini belum memiliki suatu penyelesaian secara efektif.

2. PEMBAHASAN

Pencemaran udara atau polusi udara sudah menjadi salah satu masalah yang sangat umum di temukan di berbagai belahan dunia,dan dengan berbagai macam penyebab pula. banyak factor factor yang mengakibatkan polusi udara yang berasal aktivitas alam seperti seperti  Gunung berapi, rawa-rawa, kebakaran hutan,,nitrifikasi dan denitrifikasi biologi.dan dari kegiatan manusia seperti transportasi, industri, pembangkit listrik, pembakaran (perapian, kompor,), dan gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya. salah satu factor terbesar dari kegiatan manusia adalah gas sisa pembuangan kendaraan bermotor yang mengandung gas karbon dioksida.asap hitam yang keluar dari kendaraan bermotor selain mengandung karbon dioksida juga memiliki efek yang dapat membuat sebagian orang akan pusing jika menciumnya.

seperti pada kota kota besar di Indonesia dimana terjadi banyaknya aktifitas manusia, pencemaran udara lebih besar di bandingkan dengan di daerah pedesaan.itulah alasan mengapa gas sisa hasil buangan kendaraan bermotor di anggap sebagai salah satu factor terbesar yang mengakibatkan polusi udara. karena di kota kota besarlah kendaraan bermotor lebih banyak di temukan.

Kota depok walaupun bukan merupakan salah satu kota besar di Indonesia,tetapi  sudah mulai mengalami polusi udara yang cukup mengkhawatirkan. bukan merupakan kota metropolis, di mana berdiri gedung gedung tinggi dan di lalui jalan jalan besar seperti kota Jakarta.Kota Depok merupakan suatu kota yang berada di pinggir Jakarta.karena letaknya yang berdekatan dengan kota Jakarta itulah yang menjadi salah satu penyebab mengapa kota depok sudah mulai terkena polusi udara. terus bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di wilayah Kota Depok berdampak langsung terhadap kualitas udara di daerah tersebut. Kini, udara di Kota Depok sudah tercemar cukup parah, bahkan mengkhawatirkan. polusi udara lebih banyak di rasakan oleh oang orang yang sering berada di sekitar jalan raya seperti pedagang kaki lima,pejalan kaki dan sebagainya. jika kita ingin merasakan polusi udara,kita dapat pergi ke terminal bis ataupun di sepanjang jalan raya.karena di tempat itulah terdapat banyak sekali kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas karbodioksida, dapat di bayangkan bagaimana keadaan udara di daerah itu yang telah terkontaminasi dengan gas karbondioksida berlebih,maka udara di sekitar daerah itu akan terasa lebih panas dari pada udara di tempat lainnya.bukan hanya mengganggu aktifitas sehari hari tetapi dapat pula menyebabkan penyakit gangguan pernapasan bagi orang yang tidak terbiasa menghirup udara itu.

Walaupun tingkat pencemaran di Depok belum separah di Jakarta. Namun, masalah itu harus tetap diwaspadai. Kondisi itu akibat banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang lalu lalang di beberapa ruas jalan utama di Depok, termasuk kendaraan angkutan umum yang jumlahnya semakin hari semakin banyak saja. Jalan Margonda yang merupakan jalan utama di Kota Depok mengalami tingkat pencemaran udara yang paling tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.Tingginya tingkat pencemaran udara karena arus lalu-lintas yang amat padat di daerah itu dibandingkan daerah lainnya,salah satu alasan kepadatan arus lalu-lintas tersebut karena akses Margonda yang merupakan pusat bisnis sehingga banyak kendaraan yang melintas di jalan yang selalu macet hampir setiap hari tersebut. Polusi udara itu jika tidak segera di atasi akan menimbulkan bernagai macam penyakit bagi yang menghirupnya.

3. ANALISIS

Polusi udara merupakan suatu masalah di hampir seluruh wilayah yang memiliki dampak negative yang cukup besar ,jika tidak segera di atasi. Maka akan bertambah dampak negative yang di hasilkan seperti dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu lingkungan dan kenyamanan, atau merusak keindahan alam.contohnya pada kesehatan manusia adalah jika  Substansi pencemar yang terdapat di udara yang sudah terkontaminasi masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan menuju paru paru, zat pencemar itu diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) .dampak pada tanaman tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi adalah  pertumbuhan tanaman itu dapat terganggu  dan rawan penyakit,tanah yang digunakan sebagai media tanam pun jika telah terkontaminasi dengan zat kimia dari polusi udara akan dapat menghambat proses fotosintesis  dan dampak yang lebih besar jika bicara dalam konteks dunia yang dapat ditimbulkan oleh polusi udara adalah pertama hujan asam yang berdampak pada : Mempengaruhi kualitas air permukaan,merusak tanaman,melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan,dan bersifat korosif(membuat karat) sehingga merusak , material dan bangunan. kedua, efek rumah kaca yang dapat menimbulkan fenomena  pemanasan global  penyebabnya adalah Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer yang disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya.. Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Pemanasan global dapat mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es yang berada di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Efek rumah kaca juga dapat mengakibatkan meningkatnya suhu air laut sehingga air laut itu mengembang dan terjadi kenaikan permukaan laut.Dan yang terakhir adalah kerusakan lapisan ozon. Lapisan ozon merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari tetapi Emisi CFC yang berasal dari gas buangan pabrik yang terlalu banyak dapat membentuk lubang-lubang pada lapisan ozon.maka dari itu kita dapat merasakan udara yang panas sekali di siang hari

Kerusakan lapisan ozon menyebabkan sinar UV-B matahri tidak terfilter dan dapat mengakibatkan kanker kulit serta penyakit pada tanaman.

Dari berbagai dampak dampak negative yang timbul dari polusi udara,sangat diperlukan upaya upaya untuk mengatasinya.salah satu upaya yang dapat kita lalukan untuk mengurangi polusi udara adalah dengan mengadakan penghijauan lingkungan.diperlukan daerah daerah sebagai pusat penghijauan atau dapat pula di tanggulangi dengan cara menanam pepohonan rindang di sepanjang ruas jalan raya. penghijauan lingkungan di maksudkan agar adanya sirkulasi udara yang baik, karena dengan adanya penghijauan maka pepohonan akan mengurangi udara yang sudah terkontaminasi dan menggantinya dengan udara baru yang sejuk.selain mengurangi polusi udara pepohonan itu akan menambah indah pemandangan.

Seperti Kota Depok yang mulai terkena polusi udara,maka haruslah memiliki daerah yang di gunakan untuk penghijauan agar polusi udara tidak bertambah parah.seperti di daerah Universitas Indonesia yang masih memiliki pohon pohon besar.daerah itu harus di lestarikan bahkan di tambahkan lagi daerah penghijauan untuk mengurangi polusi udara.seperti di daerah jalan raya sekitar Kantor Walikota Depok yang sebagian ruas ruas jalannya telah mulai di tanami pepohonan rindang,usaha itu akan memberikan dampak positif untuk mengurangi polusi udara.

4.  KESIMPULAN

Polusi udara yang merupakan salah satu masalah besar yang hampir ada di seluruh kota kota besar di dunia, ternyata perlu suatu penanganan khusus untuk mengatasinya.karena jika tidak,maka dampak dampak negative yang di timbulkannya akan membawa kerugian bagi manusia.penghijauan lingkungan merupakan suatu cara yang cukup efektif dan tepat untuk mengurangi polusi udara yang akhir akhir ini semakin parah.

DAFTAR PUSTAKA

Pencemaran udara – Wikipedia bahasa Indonesia

also show warta warga gunadarma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: