Tinggalkan komentar

KOREAN POP (MUSIK POP KOREA) DAN PENIKMATNYA

KOREAN POP (MUSIK POP KOREA) DAN PENIKMATNYA

K-pop, kepanjangannya Korean Pop (”Musik Pop Korea”), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara.

Informasi K-Pop

Sumber aliran:

musik pop
hip-hop
R&B
urban
dance-pop
new jack swing
musik Korea
UK garage
2-step

Sumber kebudayaan:

1990-an dan awal 2000-an di Korea Selatan

Alat musik yang biasa digunakan:

gitar
gitar bass
drum
synthesizer
sekuenser
turntable
sampler
kibor
mesin drum

Popularitas mainstream:

populer di Korea Selatan sejak tahun 2000-an, hingga ke Asia Tenggara

Sejarah

Musik pop Korea pra-moderen pertama kali muncul pada tahun 1930-an akibat masuknya musik pop Jepang yang juga turut mempengaruhi unsur-unsur awal musik pop di Korea. Penjajahan Jepang atas Korea juga membuat genre musik Korea tidak bisa berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya pop Jepang pada saat itu. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, pengaruh musik pop barat mulai masuk dengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan. Musik Pop Korea awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda, pertama adalah genre “oldies” yang dipengaruhi musik barat dan populer di era 60-an. Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong-pil. Genre lain yang cukup digemari adalah musik Trot yang dipengaruhi gaya musik enka dari Jepang.

Debut penampilan kelompok Seo Taiji and Boys di tahun in 1992 menandakan awal mula musik pop moderen di Korea yang memberi warna baru dengan aliran musik rap, rock, techno Amerika. Suksesnya grup Seo Taiji and Boys diikuti grup musik lain seperti Panic, dan Deux. Tren musik ini turut melahirkan banyak grup musik dan musisi berkualitas lain hingga sekarang. Musik pop dekade 90-an cenderung beraliran dance dan hip hop. Pasar utamanya adalah remaja sehingga dekade ini muncul banyak grup “teen idol” yang sangat digilai seperti CLON, H.O.T, Sechs Kies, S.E.S, dan g.o.d. Kebanyakan dari kelompok musik ini sudah bubar dan anggotanya bersolo-karir.

Di tahun 2000-an pendatang-pendatang baru berbakat mulai bermunculan. Aliran musik R&B serta Hip-Hop yang berkiblat ke Amerika mencetak artis-artis semacam MC Mong, 1TYM, Rain, Big Bang yang cukup sukses di Korea dan luar negeri. Beberapa artis underground seperti Drunken Tiger, Tasha (Yoon Mi-rae) juga mempopulerkan warna musik kulit hitam tersebut. Musik rock masih tetap digemari di Korea ditambah dengan kembalinya Seo Taiji yang bersolo karir menjadi musisi rock serta Yoon Do Hyun Band yang sering menyanyikan lagu-lagu tentang nasionalisme dan kecintaan terhadap negara. Musik techno memberi nuansa moderen yang tidak hanya disukai di Korea saja, penyanyi Lee Jung-hyun dan Kim Hyun-jung bahkan mendapat pengakuan di Cina dan Jepang. Musik balada masih tetap memiliki pendengar yang paling banyak di Korea. Musik balada Korea umumnya dikenal dengan lirik sedih tentang percintaan, seperti yang dibawakan oleh Baek Ji Young, KCM, SG Wannabe, dan sebagainya. Musik balada umumnya digemari karena sering dijadikan soundtrack drama-drama televisi terkenal seperti Winter Sonata, Sorry I Love You, Stairway to Heaven dan sebagainya.

Berbagai artis Korea menangguk kesuksesan di dunia internasional seperti BoA yang menembus Jepang dan digemari di banyak negara. Kemudian artis-artis lain seperti Rain, Se7en, Shinhwa, Ryu Shi-won, dan sebagainya berlomba-lomba untuk menaklukkan pasar musik di Jepang. Rain tercatat sebagai artis Asia pertama yang mengadakan konser internasional bertajuk RAINY DAY 2005 Tour, di Madison Square Garden.

Source: K-pop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komentar saya:

Itu merupakan sedikit informasi mengenai Korean pop (music pop korea).saya mengambil tema korean pop karena saya pun merupakan salah satu orang yang sangat menggemari music pop korea,dan saya ingin memberikan sedikit informasi bagi teman teman yang ingin mengetahiu Korean pop lebih dalam dan teman teman yang kurang mengenal  Korean music bahkan tidak mengenalnya sama sekali.

Saya mengenal music pop korea pun tidak lepas dari drama drama korea yang di tayangkan di Indonesia.sudah banyak sekali drama drama korea yang ditayangkan di Indonesia,dan cukup banyak pula penggemar dari drama drama itu .Dari soundtrack soundtrack drama korea yang saya dengarkan itulah saya mulai mengenal music korea,nada dan suara penyanyinya yang menurut saya bagus maupun alunan musicnya yang indah yang membuat saya menyukainya,walaupun saya tidak mengetahui arti dari lagu itu tetapi saya dapat merasakannya di setiap alunan musicnya.

Awal saya mengenal music pop korea ceritanya cukup panjang.karena saya mulai mengenal music pop korea ketika saya masih duduk di kelas 3 SMP.nberawal dari salah satu drama korea yang pernah di tayangkan di Indonesia berjudul “18 VS 29” sekitar tahun 2005.di drama itu muncul salah seorang actor yang saya sukai “CHOI SIWON”.Karena saya menyukainya,dari situlah saya mencari cari artikel mengenainya.dan setelah beberapa lama sayapun mengetahui bahwa dia merupakan salah satu personel BOYBAND KOREA bernama SUPER JUNIOR yang memiliki jumlah personel yang cukup banyak,yakni 13 orang.

Dan dari awal mula saya menyukai drama drama korea,sayapun sekarang mulai tertarik dengan music music pop korea yang saya dengar pertama kali dari SUPER JUNIOR,bukan karena saya menyukai salah satu personelnya saja melainkan dari jenis music yang mereka bawakan.awalnya saya pun sedikit tidak terbiasa melihan penampilan dari boyband boyband itu yang bernyanyi dan menari(dance).tetapi setelah itu saya pun sudah terbiasa dengan penampilan mereka.bahkan sekarang saya sangat menyukai dan menikmati setiap penampikan mereka.karena menurut saya itu adalah nilai tambahan untuk mereka yang dapat menyanyi sekaligus menari.tarian – tarian mereka pun tergolong tarian yang sulit dan butuh latihan yang cukup keras.

Jika dihitung dari awal mula saya mengenal music pop korea hingga saat ini sudah kurang lebih 4 tahun berlalu.dari dahulu hingga sekarang saya masih tetap menyukai music pop korea,karena music itu sudah sangat terbisa di telinga saya.keluarga dan teman teman pun mengetahui tentang ketertarikan ku dengan music pop korea.

Saya pun telah memliki banyak teman yang memiliki kegemaran yang sama.kami biasanya berkenalan di forum forum,acara kebudayaan korea dan jepang serta dunia maya(facebook,chating dsb)tidak jarang juga saya menemui teman teman yang menyukai music korea tanpa di sengaja seperti ketika di jalan saya sedang menggunakan baju bergambar salah satu boyband korea mereka pun tidak sungkan sungkan menyapa dan berkenalan.itulah salah satu sisi positif yang saya dapat.

Walaupun kami menyukai boyband atau girlband yang berbeda beda itu tidak menjadi suatu masalah,karena dari perbedaan itulah kami mengetahui informasi terbaru di music korea.forum forum music korea pun sering mengadakan gathering yang bertujuan untuk lebih mengenal sesama anggota forum yang awalnya tidak pernah bertemu.saya sangat menyukai gathering karena di acara itu berkumpul banyak sekali teman teman yang tidak pernah saya temui secara langsung yang awalnya saya kenal di forum dan banyak lagi kejadian kejadian yang menyenangkan.

Mungkin bagi sebagian orang yang menyukai music pop korea atau dramanya tertaik juga pada kebudayaan dan bahasa yang di gunakan (Hangeul).walaupun saya tidak belajar secara formal,tetapi saya mempelajari bahasa korea sendiri dengan menggunakan buku buku yang saya punyai.dan hasilnya,walaupun tidak terlalu fasih tetapi saya sedikit mengetahui arti artinya dan cara menulis huruf huruf Hangeul.

Sepertinya music pop korea sudah menjadi bagian dalam hidup saya.sekarang saya mengenal banyak sekali band,boyband maupun girlband dari music pop korea.dan inilah beberapa nama band,boyband maupun girlband yang sekarang saya sukai

SUPER JUNIOR  ( 슈퍼주니어 )

SHINee                  ( 샤이니 )

FT ISLAND

BIG BANG

also show warta warga gunadarma

Tinggalkan Balasan

