Tinggalkan komentar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI

Nama : Dewi Kania Pratiwi

Kelas  : 1ID02

NPM   : 31409433

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI

sumber daya alam merupakan salah satu faktor yang ikut berperan dalam pembangunan ekonomi.sumber daya alam dapat berupa kekayaan alam seperti iklim/cuaca, struktur tanah, hasil hutan, pertanian, tambang, dan hasil laut. sumber daya alam sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi karena kekayaan alam itu  berpengaruh pada penyediaan bahan baku produksi di dalam suatu industri.banyak Negara-negara berkembang yang sangat bertumpu pada kekayaan alamnya untuk kemajuan ekonomi. tetapi jika hanya bertumpu pada kekayaan alam saja, itu tidak menjamin suatu Negara akan mengalami pertumbuhan ekonomi.karena kekayaan alam akan lebih optimal jika dikelola dengan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang baik.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa suatu Negara yang memiliki banyak kekayaan alam belum tentu dapat mengembangkan perekonomiannya jika tidak di dukung oleh sumber daya manusia yang baik.oleh karena itu,sumber daya manusia juga termasuk dalam faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu Negara.cepat atu lambatnya proses pembangunan di suatu wilayah sangat tergantung pada sejauh mana sumber daya manusianya selaku pengelola memiliki kompetensi/kemampuan yang memadai untuk melaksanakan pembangunan tersebut.suatu Negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar memiliki keuntungan. Keuntungan itu dapat terlaksana apabila sumber daya manusia yang berjumlah besar tersebut memiliki kompetensi dalam bidangnya masing-masing.karena kualitas penduduk dalam hal ini sumber daya manusia sangat menentukan sejauh mana Negara itu akan berkembang.

Selain memiliki banyak sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia yang baik, sumber daya modal merupakan faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.karena jika sumber daya modal yang dimiliki sedikit,maka akan menghambat proses produksi suatu produk.sumber daya modal sangat berperan dalam pengolahan sumber daya alam dan peningkatan kualitas IPTEK.sumber daya modal dapat berupa barang-barang modal seperti mesin dan dapat pula berupa investasi yang ditujukan untuk mengolah ataupun mencari sumber daya alam.dalam hal ini sumber daya modal dapat berasal dari dalam maupun luar negeri,semakin banyak modal yang dimiliki suatu Negara maka semakin baik pula pengolahan sumber daya alam untuk suatu produksi.

Salah satu faktor yang juga tidak kalah berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi adalah  IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) karena selain didukung oleh sumber daya manusia, cepat atau lambatnya suatu proses pembangunan juga di pengaruhi oleh penggunaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), semakin canggih/bagus IPTEK yang dimiliki maka semakin cepat pula pembangunan berlangsung.dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat mendorong pula pergantian pola kerja yang semula banyak menggunakan tangan/manual kini beralih ke penggunaan mesin yang canggih yang lebih memiliki efisiensi,kualitas dan kuantitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan penggunaan manual.yang berakibat pada semakin cepatnya pertumbuhan ekonomi suatu Negara.maka saat ini Negara-negara berkembang berlomba-lomba memiliki IPTEK yang canggih untuk mendukung pertumbuhan ekonominya.

Selain beberapa faktor di atas, tentunya masih banyak lagi faktor-faktor yang dapat mampengaruhi pertumbuhan ekonomi. seperti halnya di Negara-negara berkembang lain, Negara Indonesia pun sedang mengalami pertumbuhan ekonomi, dan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi itu. seperti sumber daya alam, Indonesia merupakan Negara yang terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Itu dapat dijadikan suatu modal untuk membangun perekonomian bangsa, selain sumber daya alam yang melimpah, sumber daya manusia di Indonesiapun dapat di katakan berjumlah besar. Jika sumber daya manusia yang cukup besar itu disertai dengan pendidikan yang memadai, maka Indonesia telah dapat memajukan perekonomian bangsanya.

Pertumbuhan ekonomi suatu Negara sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi bangsanya. Karena jika pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan maka bangsanya pun dapat hidup sejahtera. Sama halnya dengan yang terjadi pada Negara Indonesia, jika perekonomian Indonesia mengalami penurunan maka sangat berpengaruh dengan kesejahteraan rakyatnya. Dan beberapa faktor di atas dapat menyebabkan penurunan perekonomian jika tidak dikelola dengan baik. Sebagai contoh sumber daya alam yang sangat melimpah di Indonesia seperti bahan tambang yang masih banyak tersimpan di dasar bumi, tidak dapat dikelola dengan baik oleh sumber daya manusia karena IPTEK yang dimiliki masih kurang dibandingkan dengan Negara-negara berkembang lainnya. Hasilnya adalah banyak bahan tambang di Negara Indonesia yang dikelola oleh pihak asing. dengan begitu hasil dari bahan tambang itu sekarang bukan hanya milik Indonesia saja tetapi sebagian besar menjadi milik Negara yang mengelolanya dengan IPTEK yang lebih baik. dengan begitu Indonesia mendapatkan sedikit keuntungan dalam bidang ekonomi.

Jika Indonesia memiliki IPTEK yang cukup untuk mengelola seluruh kekayaan alam di Negara ini, maka Indonesia dapat mengimpornya ke Negara luar. Dan pasti Indonesia memeliki keuntungan yang jauh lebih besar dan digunakan sebagai uang Negara untuk membangun fasilitas-fasilitas umum bagi rakyatnya yang bertujuan untuk lebih mencerdaskan dan menyejahterakan rakyatnya.

Referensi : Wikipedia.com

also show warta warga gunadarma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: